Menjadi Guru Propesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan



Literasi : Marlia Dwi Puji Astuti,M.M,M.Pd.

Judul : Menjadi Guru Propesional

            Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan

Penerbit : PT.Remaja Rosdakarya Bandung

Penulis : Dr.E.Mulyasa ,M.Pd.

  Pembelajaran merupakan suatu proses yang komplek dan melibatkan berbagai aspek yang saling berkaitan. Oleh karena itu, untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, dan menyenangkan di perlu keterampilan. Diantaranya keterampilan membelajarkan dan keterampilan mengajar.

 Setiapa keterampilan mengajar memiliki komponen dan prinsip – prinsip dasar tersendiri. Berikut diuraikan dalam delapan keterampilan tersebut dan cara menggunakannya agar tercipta pembelajaran yang kreatif, propesional, dan menyenangkan

A.   Menggunakan keterampilan bertanya

Keterampilan bertanya perlu dikuasi oleh guru untuk menciptakan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan .

 

B.   Memberi pengutan

Penguatan (reinforcement) merupakan respon terhadap suatu perilaku yang dapat meningkatkan kemungkinan terulang kembali perilaku tersebut. Penguatan dapat dilakukan secara verbal dan onverbal, dengan prinsip kehangatan, keantusiaasan, kebermaknaan, dan menghindari respon yang negatif.

 

C.   Mengadakan Variasi

Mengadakan variasi merupakan keterampilan yang harus dikuasai oleh guru dalam pembelajaran,untuk mengatasi kebosanan peserta didik ,agar selalu antusias,tekun,dan partisipasi.

 

D.   Menjelaskan

Menjelaskan adalah mendeskripsikan secara lisan tentang suatu benda, keadaan, dan data sesuai dengan waktu dan hukum - hukum yang berlaku.

 

E.   Membuka dan menutup pembelajaran

Membuka dan menutup pelajaran merupakan dua kegiatan rutin yang dilakukan guru untuk memulai dan mengakhiri pembelajaran.

 

F.    Membimbing Diskusi Kelompok Kecil

Diskusi kelompok adalah suatu proses yang teratur dan melibatkan sekelompok orang dalam interaksi tatap muka untuk mengambil kesimpulan dan memecahkan masalah.

 

G.   Mengelola Kelas

Pengelolaan kelas merupakan keterampilan guru untuk menciptakan iklim pembelajaran yang kondusif, dan mengendalikannya jika terjadi gangguan pembelajaran.

 

H.   Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan

Pengajaran kelompok kecil dan perorangan merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap setiap peserta didik, dan menjalin hubungan yang lebih akrab antara guru dengan peserta maupun peserta didik dengan peserta didik.

Khusus dalam melakukan pembelajaran perorangan, perlu diperhatikan kemampuan dan kematangan berpikir peserta didik agar apa yang disampaikan bisa diserap dan diterima oleh peserta didik.


Posting Komentar

0 Komentar