HAFLAH TAHFIDZH AL-QUR’AN ANGKATAN

 

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

Puji syukur kita panjatkan kehadirat Allah SWT atas segala nikmat dan karunia yang diberikan. Solawat dan salam senantiasa tercurah kepada Nabi Muhammad SAW beserta para keluarga, sahabat dan pengikutnya, semoga kita mendapat syafa’atnya di Yaumil Akhir nanti. Aamiin Yaa Robbal “Aalamiin.    

Kamis (20/07/2024) / 13 Zulhijah 1445 H bertempat di aula Al-Kautsar, MI PKP DKI Jakarta menyelenggarakan Haflah Tahfizh Al-Qur’an angkatan ke-IV tahun pelajaran 2023-2024 dengan tema “Barang Siapa Dekat Dengan Al-Qur’an, Pasti Akan Mulia dan Dimuliakan”. Haflah Tahfizh Al-Qur’an ini diselenggarakan setiap semester, dimulai  pada era kepemimpinan Ibu Endang Dwi Mulyani, S.Pd tahun ajaran 20222-2023 semester ganjil. Para orang tua sangat antusias menyaksikan penampilan putra-putrinya terutama ketika ananda diuji oleh para penguji yang ditunjuk secara acak baik dari pihak yayasan, orang tua, komite, dan tamu undangan lainnya. Alhamdulillah Ananda yang diuji dapat menjawab/melanjutkan bacaan dari para penguji.

            Dalam acara tersebut turut hadir beberapa pejabat Yayasan, Kepala Sekolah, dan tamu undangan lainnya, diantaranya :

1.      Ketua Umum Yayasan PKP, Bapak Drs. H. Sukesti Martono , MA.

2.      Ketua I Yayasan PKP, Bapak Drs. H. Endang Abutarya , M.Pd.

3.      Sekretaris Yayasan PKP, Bapak Abdur Rochman, S.Kom, M.M

4.      Bendahara Yayasan PKP, Bapak Tajudin, SH, MH.

5.      Ketua Pengawas Yayasan PKP, Bapak Drs. H. Andi Mappaganty, M.M

6.      Sekretaris Pengawas, Bapak Dr. H. Tongato, M.Si

7.      Anggota Pengawas Yayasan PKP, Bapak Sutiono AZ, M.Pd

8.      Bagian Keagamaan Yayasan PKP, Bapak  Dadang Efendi, M.Pd

9.      Bagian Kabag Umum, Bapak Nanang Hasan, S.Ag

10.  Kepala TK PKP, Ibu Dewi Nawangsih, S.Pd

11.  Perwakilan Mts PKP, Ibu Iin S, S.Pd

12.  Perwakilan SMA PKP, Bapak Rafli, S.Pd

13.  Kepala SMK PKP, Bapak Yosep Saipuloh, S.T

14.  Kepala Cabang Bank DKI Syariah, Ibu Santi Wicaksono, S.E.

15.  Ketua Komite MI PKP, Ibu Mutia Novyanti, S.E.

Acara diawali dengan Syarhil Qur’an oleh tiga peserta didik, yaitu Ananda Aulia Husna Mardhiyah (pembaca Al-Qur’an), Ananda Muhamad Yasfin Averoes (terjemahan), dan Ananda Khalisha Husna Firmansyah (isi kandungan).

Untuk sambutan-sambutan, diawali dari Ketua Panitia Pelaksana Haflah Tahfizh Al-Qur’an yaitu Bapak Muhammad Abu Bakar, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa peserta tahun ini berjumlah 261 anak, terdiri dari laki-laki 122 anak dan perempuan 139 anak. Alhamdulillah selama 2 tahun ini, selalu ada peningkatan di setiap haflah. Berikut rekapitulasinya:



Sambutan berikutnya disampaikan oleh Kepala MI PKP DKI Jakarta, Ibu Endang Dwi Mulyani, S.Pd. Beliau mengapresiasi acara Haflah Tahfizh Al-Qur’an angkatan ke-IV ini. “Hari ini merupakan hari yang sangat istimewa bagi kita semua, khususnya bagi para peserta tahfidzul Qur'an. Pada kesempatan ini, saya ingin menyampaikan beberapa hal yang penting untuk kita renungkan bersama. Pertama, menghafal Al-Qur'an adalah sebuah prestasi yang luar biasa. Para peserta telah menunjukkan dedikasi, kesabaran, dan ketekunan yang tinggi dalam menghafal kalamullah. ibu berharap, ilmu yang telah kalian dapatkan tidak hanya berhenti pada hafalan, tetapi juga dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Al-Qur'an adalah petunjuk hidup kita, dan dengan memahaminya, kita akan menjadi pribadi yang lebih baik dan bermanfaat bagi lingkungan sekitar. Kedua, kepada ayah bunda dan wali peserta didik, saya mengucapkan selamat dan terima kasih atas dukungan dan doa yang tiada henti. Peran ayah bunda sangat besar dalam keberhasilan para ananda. Semoga usaha dan doa ayah bunda dibalas oleh Allah SWT dengan pahala yang berlipat ganda. Ketiga, kepada para ustadz dan ustadzah bapak ibu guru, kami juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya. yang telah mengabdikan waktu, tenaga, dan pikiran untuk mendidik para peserta didik dengan penuh kesabaran dan keikhlasan. Semoga Allah SWT membalas amal kebaikan bapak ibu dengan pahala yang setimpal. Kami manajemen MI PKP JIS mengucapkan selamat kepada para peserta haflah. Semoga keberhasilan ini menjadi hal baik untuk terus menuntut ilmu dan mengamalkan Al-Qur'an dalam kehidupan. Mari kita jadikan Al-Qur'an sebagai pedoman utama dalam setiap langkah kita. Mohon berkenan bapak ketua umum untuk memberikan sambutan”, ungkap Bu Kamad.

Sambutan terakhir yaitu dari Ketua Umum, Bapak Drs. H. Sukesti Martono, MA. Dalam sambutannya, beliau mengucapkan selamat dengan penuh rasa syukur, bangga dan bahagia melihat para wisudawan dan wisudawati yang telah menyelesaikan target hafalan juz 30 sesuai dengan tingkatannya. Isi dari sambutan yang disampaikan Pak Ketua Umum adalah haflah ini merupakan momen yang luar biasa dalam perjalanan pendidikan dan spiritual peserta didik, ini adalah pencapaian yang luar biasa. Tema yang diangkat merupakan ungkapan penting mengenai keutamaan dan nilai dari Al-Qur'an, kitab suci umat Islam. Dalam konteks keagamaan, Al-Qur'an sebagai sumber pedoman utama bagi umat Islam dalam menjalani kehidupan mereka. Al-Qur'an mengandung ajaran moral, etika, hukum, dan petunjuk untuk kehidupan sehari-hari, serta memuat beragam pengetahuan yang berkaitan dengan kehidupan manusia dan alam semesta. Ungkapan ini juga mencerminkan keyakinan bahwa kedekatan dengan Al-Qur'an akan membawa kebaikan, kemuliaan, dan pencerahan bagi individu. Melalui pembacaan, penghayatan, dan penerapan ajaran-ajaran Al-Qur'an, seseorang diharapkan dapat mencapai kedamaian batin, kesadaran spiritual, dan keutamaan moral. Dalam Islam, kedekatan dengan Al-Qur'an juga dianggap sebagai langkah penting untuk mengembangkan karakter moral, sikap rendah hati, serta kepatuhan kepada Allah SWT. Al-Qur'an sebagai sumber kebijaksanaan dan pencerahan yang menuntun individu untuk hidup sesuai dengan kehendak Allah SWT, serta menjalani kehidupan secara bermakna dan bertanggung jawab. Oleh karena itu, memiliki kedekatan yang kuat dan memahami ajaran-ajaran Al-Qur'an sebagai rahmat dan keutamaan yang luar biasa.

Ungkapan tersebut mengandung harapan bahwa melalui kedekatan dengan Al-Qur'an, seseorang dapat mencapai kemuliaan, kesuksesan, dan keberkahan dalam hidupnya. Hal ini mencerminkan keyakinan dalam kebaikan spiritual dan moral yang akan dipetik oleh individu yang mendekatkan diri kepada Al-Qur'an dalam hidupnya. Prestasi para peserta haflah dalam menyelesaikan tahfidz Qur'an Juz-30 adalah suatu kehormatan dan bukti kesungguhan dalam memperdalam pengetahuan agama. Al-Qur'an merupakan sumber cahaya dan pedoman dalam kehidupan, dan ditahfizhkannya Al-Qur'an adalah bukti  komitmen dan dedikasi kalian dalam agama Islam. Ketua Umum juga meyakini bahwa hal ini akan menjadi landasan kokoh bagi pengembangan spiritualitas, ketaatan, dan moralitas kalian di masa depan. Beliau juga mengucapkan terima kasih kepada Kepala MI PKP JIS, seluruh guru, staf, dan orang tua siswa atas dukungan tak terbatas yang telah diberikan dalam membantu para siswa mencapai prestasi luar biasa ini, kerja keras, semangat, dan doa yang tak henti-hentinya diberikan sudah membuahkan hasil yang luar biasa. Beliau pun mengajak kita semua untuk tetap menjaga semangat untuk terus belajar, berkembang, dan berkontribusi pada dunia sekitar.

“Mari gunakan pengetahuan agama ini untuk kebaikan bersama, serta terus perjuangkan nilai-nilai keadaban dan moralitas dalam kehidupan sehari-hari”, ujar Ketua Umum.

Alhamdulillah, atas ridho Allah, acara ini berlangsung dengan khidmat. Semoga di angkatan berikutnya, MI PKP dapat mencetak generasi qur’ani lebih banyak lagi. Aamin Yaa Robbal ‘Aalamiin.

Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokaatuh.

Posting Komentar

0 Komentar