PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1445 HIJRIAH

 

PERINGATAN TAHUN BARU ISLAM 1445 HIJRIAH


Bulan Muharram merupakan bulan pertama di tahun Hijriah dan disebut menjadi salah satu bulan yang mulia. Maka dari itu, umat Islam dianjurkan untuk melakukan berbagai kegiatan yang bermanfaat di bulan Muharram, mulai dari berdoa, dzikir, sholat hingga puasa. Selain itu ada juga yang menyebut bahwa bulan Muharram adalah lebaran anak yatim, untuk memberikan rasa sukacita untuk anak-anak yatim, sebagaimana pernah dicontohkan oleh Rasulullah, bahwa kita wajib mencintai anak yatim.

Pada Jumat 28/07/2023 pukul 15.00 – 16.30 WIB, MI PKP DKI Jakarta memperingati Tahun Baru Islam 1445 Hijriah, yang diselenggarakan di halaman MI PKP JIS dengan tema “10 Muharram Sebagai Momentum Berbagi dan Mencintai Anak Yatim” yang diketuai oleh Ibu Engkur Kurniasih, S.Pd.

 

Di moment bahagia itu, MI PKP mengundang 100 anak yatim yang terdiri dari 11 anak peserta didik MI PKP, sisanya berasal dari sekitar lingkungan MI PKP dan juga rekomendasi dari Bapak Ibu guru. Alhamdulillah total donasi yang terkumpul sejumlah Rp. 50.350.000,00. Dari total tersebut, tiap anak menerima 1 paket bingkisan dan sejumlah uang tunai. Acara tersebut juga dihadiri oleh Bapak Yayat W. Herianto MM., M.Ikom selaku Direktur Dikdasmen Yayasan PKP Jakarta Islamic School, Bapak Dadang Efendi, M.Pd selaku Kabag Keagamaan, dan para pengurus komite. Sebelum acara dimulai, kami beserta anak yatim, melaksanakan sholat ashar berjama’ah dan acara tersebut dipandu oleh Ibu Atikah Nuzulinawati, S.Pd.

Mengawali acara peringatan Muharram di tahun ini, Kepala MI PKP, Ibu Endang Dwi Mulyani, S.Pd memberikan sambutannya. Beliau mengatakan bahwa kita wajib menyayangi anak yatim seperti yang terungkap dalam hadist riwayat Bukhori Muslim, Rosulullah SAW bersabda : yang artinya Barang siapa yang merawat dan membina serta memberi dengan kasih sayang pada anak yatim maka bersama dengan aku di surga (Rosululloh SAW sambil menunjukkan 2 telunjuk jarinya). Beliau berpesan untuk perbanyak amalan dan berbuat baiklah khususnya kepada anak yatim. Beliau juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada orang tua peserta didik atas dukungannya yang luar biasa dan berharap  bisa memberi santunan kepada anak yatim ditahun-tahun yang akan datang yang bisa membawa manfaat dan berkah bagi semua.

 

Sambutan berikutnya, disampaikan oleh Direktur Dikdasmen yaitu Bapak Yayat W. Herianto, MM., M. Ikom. Pada sambutannya, beliau sangat mengapresiasi atas terselenggaranya acara tersebut kepada keluarga besar MI PKP serta menghimbau kepada kita semua untuk selalu menyayangi anak yatim.

 

Adapula Tausiyah dari Ustadz Alex Akyas, S.Pd. Beliau menyampaikan bahwa menjadi yatim harus tetap bahagia, karena sama seperti Nabi Muhamad SAW. Dulu ada seorang anak yatim yg diadopsi oleh Nabi, hal ini membuat iri anak-anak lain. Sampai akhirnya mereka berkata: “Coba ayahku gugur juga, maka Nabi Muhammad SAW menjadi ayahku”. Anak yatim juga harus mandiri dan lebih kuat sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah SAW. Beliau menggembala diusia 6 tahun, usia 8 tahun ikut pamannya berdagang. Anak yatim juga harus sama dengan anak lain, yaitu berakhlak mulia. Orang yang merawat anak yatim, dijanjikan oleh Allah SWT tempat yang sangat mulia. Kita semua bertanggung jawab atas anak yatim, baik kehidupan, pendidikan, serta kesehatannya.

 

Acara terakhir adalah ramah tamah disambung dengan penyerahan santunan untuk seluruh anak yatim yang hadir. Kami sangat berharap melalui kegiatan ini, anak-anak merasa senang dan lebih semangat lagi dalam menuntut ilmu serta menjadi penghibur dan membuktikan kepada mereka bahwa masih banyak orang yang menyanyangi mereka



Donasi masih terus berlanjut dan berdatangan dari para orang tua murid peserta didik yang akhirnya kami salurkan ke tiga yayasan, di antaranya :

1.      Yayasan Alpha Indonesia

2.      Lembaga Amil Zakat Nasional (PYI)

3.      Yayaan Ar-Risalah Jakarta


MI PKP DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, semoga menjadi ladang pahala dan sumber keberkahan. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin…

_By Rani Rahmania, S.Pd_(Guru BK MI PKP)



Posting Komentar

0 Komentar