PERINGATAN HUT PRAMUKA KE-62

 

PERINGATAN HUT PRAMUKA KE-62

    Pada tahun 2023 ini, peringatan Hari Pramuka ke-62 mengusung tema Sumber Daya Manusia yang Profesional dan Proporsional. Tema ini mengait erat pada logo resmi peringatan Hari Pramuka ke-62. Kwartir Nasional Gerakan Pramuka telah menerbitkan Surat Keputusan nomo 068 Tahun 2023 tentang Logo Hari Pramuka ke-62. Logo ini mempunyai unsur Angka 6 dan Angka 2 yang merupakan angka Ulang Tahun yang ke-62. Angka 6 merupakan hasil stilasi dari Kelopak Tunas Kelapa, sementara angka 2 yang menopang Logogram Tunas menjadi satu kesatuan yang kokoh. Kegiatan ini diketuai oleh bapak Andi Ruslan, S.Pd.I selaku pembina pramuka.

    Pada Senin, 14 Agustus 2023 pukul 06.30-11.00 WIB. MI PKP DKI Jakarta memperingati HUT Pramuka ke-62, yang diawali dengan kegiatan Upacara HUT Pramuka ke-62 diselenggarakan di lapangan MI PKP DKI Jakarta pada pukul 06.30-07.30 WIB.

    Adapun Pembina upacara yaitu Ibu Endang Dwi Mulyani, S.Pd. Selaku Kamabigus MI PKP menyampaikan beberapa amanatnya yaitu bersyukur karena organisasi pendidikan kepanduan Praja Muda Karana yang kita cintai ini telah genap berusia 62 tahun. Pada tahun ini sekaligus memperingati 111 keberadaan gerakan kepanduan di bumi Indonesia yang telah ada tahun 1912. Untuk itulah kita perlu mengucapkan banyak terimakasih kepada Allah Tuhan Yang Maha Esa karena atas nikmat dan berkah-Nya, Gerakan Pramuka dapat terus maju dan berkembang serta berkiprah untuk membantu masyarakat dan program pemerintahan serta menangani pendidikan nonformal dalam pembentukan karakter.

Adapun tema utama peringatan Hari Pramuka ke-62 pada tahun 2023 adalah ”DENGAN PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-62, MARI KITA WUJUDKAN SDM YANG PROFESIONAL DAN BERWAWASAN KEBANGSAAN”. Tema ini menunjukan semangat Gerakan Pramuka untuk meningkatkan sumber daya manusia yang lebih profesional, mencermati sumber daya manusia kita yang ada sekarang ini masih jauh dari yang kita harapkan. Disamping itu, Wawasan Kebangsaan juga sangat penting agar nilai-nilai kebangsaan kita tidak luntur, tetap menanamkan Nasionalisme, Cinta Tanah Air dan semangat Bela Negara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kwartir Nasional juga telah menaruh perhatian pada penigkatan kualitas Gugusdepan Pramuka di mana pun berada.

Saat ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka sedang berupaya untuk memperbaiki Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka dan membangun system aplikasi yang mengarah kepada era digitalisasi agar Gerakan Pramuka tidak tertinggal serta dapat mengikuti perkembangan zaman. Sebagai Pratama pada Upacara HUT Pramuka ke-62 adalah ananda Sasi Kirana Pramudita perwakilan dari kelas VI. 

Setelah selesai Upacara HUT Pramuka ke-62 Lalu dilanjutkan dengan sholat dhuha dikelas masing-masing yang dibimbing oleh bapak ibu guru, setelah sholat dhuha peserta didik berkumpul di halaman MI PKP DKI Jakarta sesuai barung dan regu masing-masing untuk mengikuti lomba HUT Pramuka ke-62. Adapun mata lomba yang diikuti siaga yaitu TTS, Puzzle dan KIM Raba yang dilaksanakan di halaman Masjid Baitussidqi. Sedangkan penggalang mata lombanya yaitu Estafet Tongkat, Membuat Tandu dan LKBB yang diselenggarakan di halaman depan dan belakang MI PKP.

Di moment itu, sebelumnya diawali dengan kegiatan briefing pagi, rutin dilaksanakan setiap hari pukul 06.15-06.30 di ruang guru. Dalam briefing, Ibu Endang Dwi Mulyani, S.Pd selaku Kepala MI PKP DKI Jakarta memberikan arahan tentang kegiatan peringatan hari Pramuka ke-62 kepada seluruh bapak ibu guru dan tenaga pendidikan MI PKP DKI Jakarta.

MI PKP DKI Jakarta mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi, Peserta didik MI PKP DKI Jakarta, TK sekitar serta orang tua wali yang telah mendukung terselenggaranya acara ini. Semoga MI PKP DKI Jakarta, terus melaju untuk MI PKP semakin maju. Aamiin Yaa Robbal ‘Aalamiin

 

                                                                                      -by Pujiati, S.Pd-






Posting Komentar

0 Komentar