Asiknya belajar sambil bermain di Godong Ijo!

 Asiknya belajar sambil bermain di Godong Ijo!



    Belajar di kelas dianggap hal yang membosankan bagi peserta didik. Belajar di kelas dengan aktivitas yang monoton dari pagi hingga sore hari, menjadikan pembelajaran kurang menarik. Outing class merupakan salah satu kegiatan belajar sambil bermain, dimana memberikan pengalaman nyata kepada peserta didik dengan cara yang menyenangkan.

        MI PKP DKI Jakarta mengadakan serangkaian kegiatan outing class ke wisata edukasi yang terletak di kawasan Kota Depok, yaitu Godong Ijo pada hari Rabu, 1 November 2023, dan Kamis, 2 November 2023. Serangkaian kegiatan tersebut diikuti oleh 111 peserta didik kelas 1, dan 105 peserta didik kelas 2 dengan antusias.

    Sebelum berangkat, peserta didik berbaris di lapangan. Ibu Endang Mulyani, S.Pd selaku penanggung jawab kegiatan berkesempatan memberikan sambutan dan pengarahan kepada peserta didik. Setelah sambutan, rombongan peserta didik kelas 1, dan 2 menuju lokasi pada pukul 07.00.

    Sesampainya di Godong Ijo, peserta didik disambut oleh 12 instruktur yang siap mendampingi rombongan untuk belajar sambil bermain. Masing-masing rombongan dibagi dalam 4 kelompok besar. Acara dimulai dengan ice breaking dan pengarahan untuk memberikan semangat.

    Kegiatan ini dibagi menjadi 6 kategori yakni feeding animals, mini outbound, education farm, reptile corner, traditional games, dan handycraft. Masing-masing kelompok mengunjungi wahana tersebut secara bergantian.

    Pada wahana feeding animals, peserta didik memberikan makanan kepada orangutan, kalkun, kelinci, kura-kura, dan ikan. Sedangkan, pada wahana mini outbound, permainan yang dimainkan adalah trampoline, ayunan, dan permainan menarik lainnya. Wahana education farm menyajikan edukasi tentang pohon maupun tanaman yang membuat lingkungan lebih asri. Peserta didik dapat bercengkrama dengan reptil jinak seperti ular, gecko, iguana, dan kadal pada reptile corner. Traditional games yang dimainkan untuk mengasah kekompakkan dengan teman seperti bakiak, dan batok kelapa. Kategori yang terakhir adalah membuat handycraft berupa kerajinan ayam otok-otok, boneka poti.

    Semua rangkaian kegiatan dilakukan oleh peserta didik dengan semangat dan antusias. Meskipun melelahkan, outing class ini sangatlah memberikan pengalaman yang tak terlupakan untuk seluruh peserta didik.

Sampai jumpa di outing class selanjutnya.

 

By: Rr. Hertiarin Dwimivanusa

Posting Komentar

0 Komentar