Pesantren Ramadhan MI PKP SERU!

Rabu – Kamis, 27 – 28 Maret 2024 pelaksanaan kegiatan pesantren ramadhan di MI PKP.

Kali ini ada yang berbeda dari tahun – tahun sebelumnya yaitu,  kegiatan pesantren ramadhan bekerja sama dengan Pondok Pesantren Modern PKP yang seluruh programnya dan pelaksanaan langsung dibawah pengarahan Bapak ustadz Amir selaku ketua panitia pelaksana pesantren ramadan MI PKP 2024. Penyampaian materi juga disampaikan oleh para ustadz dan ustadzah pengajar Pondok  Pesantren Modern PKP dan dibimbing oleh kakak santri dan santriwati Pondok Pesantren Modern PKP. Sungguh ini menjadi pengalaman yang tak terlupakan oleh para peserta pesantren MI PKP.

Hari pertama pesantren ramadhan dimulai dengan pembukaan yang dihadiri oleh kepala Pondok Pesantren Modern Bapak Wawan Ridwan, M.Pd kepala Madrasah Aliyah PKP bapak Syaebani Ridwan, M.Pd, kepala MI PKP ibu Endang Dwi Mulyani, S.Pd. Peserta pesantren ramadhan dikenalkan dengan bapak ibu Ustadz dan ustadzah, kakak pembimbing santri/santriwati dan perkenalan tempat Pesantren Modern PKP sebgai tempat belajar menjadi santri selama kurang lebih dua hari ke depan.

Kegiatan pesantren ramadhan kali  ini tentu membawa cerita tersendiri untuk para peserta karena dapat merasakan menjadi santri / santriwati selama kurang dari dua hari. Menjadi seorang santri pada sebuah pondok pesantren tentu merupakan pengalam baru bagi peserta didik kelas 4 MI PKP ini mulai dari kemandirian dan tanggung jawab seorang santri, ilmu pengetahuan dan pengalaman yang menyenangkan. Selama pesantren ramadhan para peserta dilatih untuk mengerjakan segala sesuatu nya sendiri mulai dari mencuci alat makan sendiri sampai merapihkan tempat tidur dan peralatan pribadi. Peserta juga bertanggung jawab untuk setiap barang bawaannya masing – masing dan melaksanakan tugas materi dengan sungguh - sunggguh dan penuh tanggung jawab. Materi pesantren ramadhan mengajarkan para peserta tentang ibadah – ibadah di bulan puasa, mengajarkan akhlak baik melalui tampilan cerita pendek dan cara berceramah yang benar. tentu ini bukan sekedar materi yang disampaikan hanya untuk didengar tapi dipraktekan dengan menampilkan salah satu peserta untuk berceramah yang kali ini diwakili oleh Muhammad Adriel Baihas ZH dan Aisya sazha,  pembacaan qalam illahi oleh Muhammad Faiz dan penampilan lainnya dari para peserta.

Peserta Ramadhan yang berjumlah 62 orang ini mengikuti kegiatan dengan penuh semangat dan antusias dan syukur alhamdulillah dalam keadaan sehat walafiat tanpa ada kendala apapun dalam setiap kegiatan dari awal sampai akhir kegiatan. semoga pesantren ramadhan selalu menjadi moment kesempatan menjadi seorang santri dan menjadi motivasi para peserta didik untuk melanjutkan pendidikan ke pesantren khususnya melanjutkan pendidikan tingkat Madrasah Tsanawiyah sampai Madrasah Aliyah di Pondok Pesantren Modern PKP Jakarta.

 

By : Indriani Narulita, S.Pd

Posting Komentar

0 Komentar