Ciptakan Lingkungan Sehat Warga MI PKP Jakarta Islamic School

 


Senam adalah salah satu jenis olahraga yang sangat popular untuk anak-anak dari semua kelompok usia. Jenis olahraga ini menjadi terkenal karena mampu memberikan banyak manfaat, mulai dari meningkatkan fleksibilitas dan mobilitas anak usia sekolah hingga menstimulasi perkembangan kognitifnya.

Salah satu ciri anak yang sehat adalah mereka yang aktif dan rutin melakukan aktivitas fisik. Salah satunya adalah olahraga senam.

MI PKP DKI Jakarta Islamic School melaksanakan kegiatan rutin yaitu senam bersama setiap 2 minggu sekali, kegiatan ini dimulai pukul 06.30-07.30 WIB. Dalam kegiatan ini semua peserta didik, guru serta karyawan MI PKP DKI Jakarta terlihat antusias mengikuti setiap gerakan demi gerakan yang dipandu oleh guru olah raga. Selain dipandu oleh guru olahraga, kesempatan ini digunakan untuk melatih kepercayaan diri peserta didik untuk menjadi contoh bagi teman temannya ada dua peserta didik yang bernama Faizabella Putri Hidayat kelas 5 Sunan Kalijaga dan Naufal Rizqi Attalah Drajat kelas 5 Sunan Kudus memandu senam bersama dengan penuh semangat dan keceriaan.

Berikut ini manfaat senam untuk tumbuh kembang dan Kesehatan mental

1.      Meningkatkan kemampuan kognitif anak

2.      Meningkatkan kekuatan otot dan tulang

3.      Meningkatkan kemampuan fisik

4.      Meningkatkan keterampilan sosial

5.      Menjaga Kesehatan mental

Sebuah penelitian yang dilakukan oleh Tonje Zahl, M.S.C., seorang peneliti dari Norwegian University of Science and Technology menunjukkan bahwa aktivitas fisik mulai dari yang sedang hingga berat dapat memberikan efek positif dalam memuculkan rasa bahagia dan ceria pada anak.

Selain itu, meningkatkan aktivitas fisik juga bisa dilakukan sebagai metode pelengkap dalam meningkatkan rasa Bahagia pada anak-anak. Hal ini dapat terjadi karena saat melakukan aktivitas fisik seperti tubuh melepaskan zat kimia otak yang dapat meningkatkan suasana hati, sehingga dapat menghasilkan rasa bahagia. Apalagi saat melakukan senam irama juga diiringi dengan musik upbeat yang membuatnya lebih ceria dan bersemangat.


By: Endang Dwi Mulyani, S.Pd

Posting Komentar

0 Komentar