Sosialisasi Program MI PKP DKI Jakarta

 

Sosialisasi Program MI PKP DKI Jakarta

 

MI PKP DKI Jakarta mengadakan kegiatan sosialisasi program tahun pelajaran 2023-2024 yang berlangsung di Aula Al-Kautsar pada hari Sabtu, 19 Agustus 2023. Kegiatan dihadiri oleh orang tua peserta didik dari kelas I, IV, V dan VI untuk mensosialisasikan program dan kegiatan yang dilaksanakan sekolah agar dapat diketahui secara saksama sehingga diharapkan dapat saling bersinergi dengan baik antara orang tua peserta didik dan sekolah dalam mensukseskan kegiatan sekolah.

Pemaparan program sekolah dibagi menjadi tiga bidang, pertama bidang Manajemen Sekolah dan Kekhasan, kedua bidang Kurikulum dan terakhir bidang Kesiswaan. Pertama pemaparan bidang Manajemen Sekolah dan Kekhasan, disampaikan oleh Ibu Endang Dwi Mulyani, S.Pd selaku Kepala MI PKP, Beliau menjelaskan visi, misi, tujuan, sasaran dan jaminan mutu sekolah serta struktur organisasi sekolah. Selanjutnya Beliau menjelaskan tentang program Kekhasan, yaitu program unggulan MI PKP adalah kegiatan keagamaan islam yang terbagi menjadi program tahunan dan program mingguan. Kegiatan keagamaan ini menjadi perhatian orang tua peserta didik terutama terkait BTQ (Baca Tulis Qur’an), Tahfizh, Haflah dan Munaqosah, karena hal tersebut menjadi kegiatan yang harus bekerja sama dan didukung oleh orang tua dalam membaca, menulis dan menghafalkan Al-Qur’an serta memotivasi peserta didik.

Kedua, pemaparan bidang Kurikulum yang disampaikan oleh Ibu Atikah Nuzulinawati, S.Pd selaku Wakil Kepala bidang Kurikulum. Dalam pemaparannya Beliau menjelaskan kurikulum yang dilaksanakan pada tahun pelajaran 2023-2024 yaitu kurikulum 2013 pada kelas II, III, V, dan VI, sedangkan kelas I dan IV adalah kurikulum merdeka. Pada kurikulum merdeka mengutamakan penilaian pada Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang dilaksanakan pada hari Jum’at dan blok minggu akhir semester. Lanjut Beliau menyampaikan hal terkait SIDANIRA (Sistem Pendataan Nilai Rapor) khususnya kepada orang tua peserta didik kelas IV, V dan VI terkait nilai yang diinput, informasi untuk PPDB SMPN dan MTsN khususnya disampaikan untuk peserta didik kelas VI, ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer) yang dilaksanakan pada peserta didik kelas V terpilih, serta kegiatan akhir tahun pada kelas VI.

Ketiga, pemaparan bidang Kesiswaan dan Ekstrakurikuler yang disampaikan oleh Ibu Nuati Mulyani, S.Pd selaku Wakil Kepala bidang Kesiswaan. Beliau menyampaikan beberapa kegiatan kesiswaan yaitu, Matsama (Masa Ta’aruf Siswa Madrasah), Hari Pramuka, HUT RI, HUT PGRI, Gemilang sebagai sarana promosi peserta didik baru, Perkemahan Pramuka, Class Meeting, Kunjungan Edukasi, Market Day, HUT PKP, Sinergy Buliding, Psikotes Peserta Didik, Pemetaan Peserta Didik, dan Wisuda Kelas VI. Lanjut Beliau menyampaikan pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler, yang terbagi menjadi beberapa jenis. Pertama, ekskul wajib, yaitu Pramuka, kedua, ekskul subsidi, yaitu Seni Baca Qur’an, tari nusantara, pencak silat, paskibra, tari Bali, pianika, marawis, serta futsal, dan ketiga ekskul berbayar yaitu, Sains, coding, renang dan English Club. Selain Pramuka sebagai ekskul wajib, peserta didik wajib mengikuti 1 atau lebih dari ekskul subsidi atau ekskul berbayar.

Dalam kegiatan tersebut, dihadiri juga oleh peserta didik MI PKP untuk menampilkan kemampuannya dalam bidang non akademik, dan juga termasuk kedalam ekstrakurikuler yang ada di MI PKP. Pertama ada tim marawis yang terdiri dari peserta didik kelas I sampai kelas VI, lalu tari bali dari peserta didik kelas I dan kelas II, selanjutnya tari nusantara perwakilan dari peserta didik kelas VI. Orang tua yang hadir sangat menikmati dan mengabadikan momen penampilan dari peserta didik MI. Semoga MI PKP semakin melaju.

 

_Putri Monica Sophi, S.Pd_

 

Posting Komentar

0 Komentar